Siaran Pers: SEAQIL dan Sekolah Vokasi UGM satu suara dalam akselerasi distribusi ilmu pengetahuan

trilogo

Siaran Pers
Jakarta, 2 Juni 2021

SEAQIL dan Sekolah Vokasi UGM satu suara
dalam akselerasi distribusi ilmu pengetahuan

WhatsApp Image 2021-06-02 at 17.33.07
Direktur SEAQIL, Dr. Luh Anik Mayani (kiri-atas); Dekan Sekolah Vokasi UGM, Dr. Ing. Ir. Agus Maryono (kanan-atas) pada saat melakukan audiensi penjajakan kerja sama SEAQIL dengan Sekolah Vokasi UGM yang juga dihadiri oleh Deputi Direktur Administrasi SEAQIL, Dr. Misbah Fikrianto (kiri-bawah), Deputi Direktur Program SEAQIL, Ibu Esra Nelvi Siagian, M.M., M.Ed. (kiri-tengah), serta Wakil Dekan Sekolah Vokasi UGM dan Dr. Silvi Nur Oktalina, S.Hut., M.Si. (kanan-tengah) dan Ketua Departemen Bahasa, Seni, dan Manajemen Budaya, Dr. Endang Soelistiyowati, M.Pd.

SEAMEO QITEP in Language (SEAQIL) dan Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada (UGM) mengadakan audiensi penjajakan kerja sama pada Rabu pagi [2/6]. Audiensi dipimpin langsung oleh pimpinan tinggi dari lembaga masing-masing, yakni Direktur SEAQIL, Dr. Luh Anik Mayani dan Dekan Sekolah Vokasi UGM, Dr. Ing. Ir. Agus Maryono, serta diikuti oleh para pejabat di lingkungan terkait. SEAQIL dan Sekolah Vokasi UGM satu suara dalam akselerasi distribusi ilmu pengetahuan melalui riset, pelatihan, dan pengabdian masyarakat yang memanfaatkan jejaring kedua belah pihak.

SEAQIL dan Sekolah Vokasi UGM mengupayakan kolaborasi dalam hal pelibatan guru dan dosen (khususnyan dosen vokasi) sebagai penggerak menuju perubahan untuk masyarakat; potensi magang dosen dan mahasiswa dalam memenuhi kebutuhan keilmuan kedua belah pihak; pengembangan kampung bahasa sebagai community based-learning; beasiswa kepada mahasiswa asing (melalui akses SEAMEO Centre di Indonesia); dan potensi kolaborasi nyata lainnya.

“Kolaborasi dalam hal guru dan dosen penggerak merupakan ide yang cemerlang yang dapat difasilitasi melalui workshop/pendampingan,” ujar Luh Anik. Bahkan, menurut Luh Anik, kampung bahasa/literasi dapat menjadi community-based learning yang dilaksanakan di desa. Hal ini senada dengan upaya program pengabdian masyarakat yang dilaksanakan oleh Sekolah Vokasi UGM.

Mendukung agenda kolaborasi ini, Deputi Direktur Program SEAQIL (Ibu Esra Nelvi Siagian, MM., M.Ed.) dan Deputi Direktur Adiminstrasi SEAQIL (Dr. Misbah Fikrianto), turut menyoroti potensi kerja sama dalam bidang pendampingan riset guru oleh dosen (perguruan tinggi mitra SEAQIL), pendampingan pengajaran BIPA, dan pemajuan literasi melalui kegiatan pengabdian masyarakat.

Perihal jejaring yang menjadi poros dalam akselerasi distribusi ilmu pengetahuan, Agus menegaskan bahwa hal ini dapat dikembangkan oleh kedua belah pihak sebagai upaya mendorong kemajuan di wilayah Asia Tenggara. Menurut Agus, hal ini dapat dicapai melalui pemanfaatan jejaring SEAQIL dalam memperluas distribusi ilmu pengetahuan (dari Indonesia) ke Asia Tenggara, termasuk upaya Sekolah Vokasi UGM dalam transformasi internasionalisasi lembaga.

Agus juga berharap SEAQIL dan Sekolah Vokasi UGM dapat menciptakan gerakan-gerakan pembawa perubahan oleh guru dan dosen, khususnya, dosen Sekolah Vokasi UGM yang dapat aktif bergerak baik di laboratorium maupun di masyarakat. Menurut, Agus, langkah awal yang dapat dilaksanakan yakni program magang oleh mahasiswa dan bahkan dosen untuk melengkapi kebutuhan keilmuan dari kedua belah pihak.

Pada akhirnya, Luh Anik berharap bahwa kerja sama yang dibangun oleh kedua pihak dapat bermanfaat tidak hanya untuk pembangunan pendidikan di Indonesia, tetapi juga di tingkat regional Asia Tenggara. Luh Anik juga mengungkapkan bahwa SEAQIL membuka diri ke semua pihak sepanjang hal yang dikerjasamakan sejalan dengan visi dan misi SEAQIL, serta membawa manfaat bagi pengembangan sumber daya pembelajaran, penelitian dan pengembangan, pembangunan kapasitas, serta pengembangan jejaring.

Tentang SEAMEO QITEP in Language (SEAQIL)

SEAMEO Regional Centre for Quality Improvement of Teachers and Education Personnel (QITEP) in Language (SEAQIL) merupakan salah satu pusat regional dari The Southeast Asian Ministers of Education Organization (SEAMEO) atau Organisasi Menteri-Menteri Pendidikan se-Asia Tenggara. Di Indonesia, SEAQIL berada di bawah koordinasi Kemendikbud dan berfokus pada pengembangan kualitas guru bahasa (Bahasa Indonesia sebagai Penutur Asing (BIPA), Arab, Jepang, Jerman, dan Mandarin) serta tenaga kependidikan melalui pelatihan, seminar, lokakarya, dan pelayanan lainnya.

Narahubung:
Masrur Ridwan (+62) 8587-5063-937
Divisi Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat
SEAMEO QITEP in Language
Jalan Gardu, Srengseng Sawah, Jagakarsa
Jakarta Selatan, Jakarta 12640
INDONESIA

Telepon: 021 78884106
Pos-el: ppr@qiteplanguage.org
Laman: qitepinlanguage.org

Twitter: QITEPinLanguage
Instagram: qitepinlanguage
Facebook: qiteplanguage
YouTube: SEAMEO QITEP in Language

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *