Siaran Pers: Guru, Garda Terdepan Pendidikan Indonesia

trilogo

Siaran Pers
Jakarta, 8 Juni 2021

 

Guru, Garda Terdepan Pendidikan Indonesia 

Screenshot_2Direktur SEAQIL, Dr. Luh Anik Mayani (kiri), Deputi Direktur Program, Esra Nelvi M. Siagian., M.M., M.Ed. (kanan) menyapa peserta Pelatihan Kecakapan Abad Ke-21 pada pembukaan.

 

SEAMEO QITEP in Language (SEAQIL) mendukung guru bahasa menjadi garda depan pendidikan di Indonesia. Dukungan diberikan melalui pembuatan modul mandiri dan pelaksanaan pelatihan dengan fokus peningkatan kualitas guru bahasa dalam mengasah kecakapan abad-21.

Perkembangan abad ke-21 membawa dampak bagi berbagai sektor, tak terkecuali pada sektor pendidikan bahasa. Direktur SEAMEO QITEP in Language (SEAQIL), Dr. Luh Anik Mayani, menyampaikan kondisi dan tantangan dimana era modern menuntut penguasaan keterampilan yang sesuai dengan abad ke-21, baik keterampilan akademis maupun nonakademis. Dibalik tuntutan tersebut, Beliau percaya bahwa, “Guru adalah garda terdepan dalam pendidikan di Indonesia. Siswa yang berkualitas lahir dari guru yang berkualitas. Siswa yang berkemampuan kecakapan abad ke-21 tentu lahir dari guru yang memahami dan memiliki kecakapan tersebut.” Agar setiap individu mampu bersaing dengan ekonomi global dan mengikuti perkembangan masif teknologi, SEAQIL senantiasa berfokus pada peningkatan kualitas guru bahasa.

Adapun upaya yang sudah dilakukan oleh SEAQIL adalah penyusunan modul dan pelatihan. Terkait kecakapan abad ke-21, SEAQIL telah menyusun Modul Kecakapan Abad ke-21 pada tahun 2020. Modul mandiri tersebut disusun untuk mempermudah guru bahasa jenjang pendidikan menengah atas (SMA dan yang sederajat) dalam memahami konsep pembelajaran bahasa pada abad ke-21. Pada tahun yang sama, SEAQIL menyelenggarakan Lokakarya Validasi Modul Kecakapan Abad 21 guna menyempurnakan keterbacaan dan kebermaknaan modul.

Untuk mendukung upaya peningkatan mutu pendidikan serta membekali para guru mengenai kecakapan abad-21, SEAQIL menyelenggarakan Pelatihan Kecakapan Abad ke-21 untuk Guru Bahasa. Sebanyak 100 guru Bahasa Arab, Indonesia, Inggris, Jepang, Jerman, Mandarin, dan Prancis jenjang SMA dan sederajat dari 22 provinsi di Indonesia terpilih untuk mengikuti pelatihan yang diselenggarakan secara daring pada 7—11 dan 14—18 Juni 2021. Para guru tersebut diharapkan tidak hanya dapat merancang pemelajaran yang berorientasi pada penguasaan konten, tetapi juga memfasilitasi siswa untuk mengembangkan keterampilan lain yang dibutuhkan.

Dengan menghadirkan delapan penulis modul sebagai pengajar, yakni Dr. Luh Anik Mayani, Esra Nelvi M. Siagian, M.M., M.Ed., Hana Alfiyanthi, S.Kom., Limala Ratna Sri Kharismawati, M.Pd., Rina Dwiyana, S.Pd., Reski Alam Gasalba, S.Pd., Talitha Ardelia Syifa Rabbani, M.Hum., dan Triasuci Putri Ramadhanty, S.Hum., pelatihan ini menjadi sebuah upaya peningkatan kebermanfaatan dari modul Kecakapan Abad Ke-21.

Selama sepuluh hari pelatihan, para peserta akan mendapat ilmu pemelajaran abad ke-21 yang meliputi karakteristik pemelajar dan pemelajaran, konsep kecakapan berdasarkan kerangka pemelajaran abad ke-21, pendekatan dan model pemelajaran, alternatif penilaian atau evaluasi kecakapan, serta ilustrasi pemelajaran bahasa untuk mencapai kecakapan abad ke-21. Pada akhir pertemuan, peserta pelatihan diharapkan mampu mendesain dan mengimplementasikan pemelajaran atau penilaian bahasa yang dapat mengasah kecakapan siswa pada abad ke-21.

Tentang SEAMEO QITEP in Language (SEAQIL)

SEAMEO Regional Centre for Quality Improvement of Teachers and Education Personnel (QITEP) in Language (SEAQIL) merupakan salah satu pusat regional dari The Southeast Asian Ministers of Education Organization (SEAMEO) atau Organisasi Menteri-Menteri Pendidikan se-Asia Tenggara. Di Indonesia, SEAQIL berada di bawah koordinasi Kemendikbud dan berfokus pada pengembangan kualitas guru bahasa (Bahasa Indonesia sebagai Penutur Asing (BIPA), Arab, Jepang, Jerman, dan Mandarin) serta tenaga kependidikan melalui pelatihan, seminar, lokakarya, dan pelayanan lainnya.

Narahubung:
Farrah Halimatussadyah (+62)895-4120-42002
Divisi Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat
SEAMEO QITEP in Language
Jalan Gardu, Srengseng Sawah, Jagakarsa
Jakarta Selatan, Jakarta 12640
INDONESIA

Telepon: 021 78884106
Pos-el: ppr@qiteplanguage.org
Laman: qitepinlanguage.org

Twitter: QITEPinLanguage
Instagram: qitepinlanguage
Facebook: qiteplanguage
YouTube: SEAMEO QITEP in Language

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *